Beragam Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Makanan yang sehat sering kali di anggap makanan yang tidak enak, sementara ada banyak jenis makanan yang terasa sangat nikmat untuk di santap, namun hal ini sering kali terlupakan. Mengkonsumsi makanan sehat banyak memiliki manfaat termasuk dapat melindungi diri dari ancaman penyakit yang kronis.

Untuk di ketahui, bahwa makanan sehat tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja. Karena mengkonsumsi berbagai jenis makan justru dapat memberikan nutrisi yang berbeda-beda, sehingga mampu melengkapi gizi yang di butuhkan oleh tubuh.

Beragam pilihan menu makanan sehat yang harus di konsumsi


Makanan sehat pada umumnya dapat mencakup diberbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk juga dengan vitamin dan mineral. Selain daripada itu, mankanan jenis sayur-sayuran hijau adalah jenis makanan yang menempati urutan pertama dalam jenis makanan yang sehat. Karena sayuran hijau di percaya memiliki banyak nutrisi yang lengkap.

Beragam Makanan Sehat yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari-Ciri Khas

Diantara jenis sayur-sayuran hijau, ada berbagai macam pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, bayam, dan brokoli, ketiga jenis sayuran ini memiliki banyak kandungan serat yang cukup tinggi.

Selain dari sayuran hijau, buah juga termasuk kedalam kategori makanan sehat yang wajib kita konsumsi, karena buah banyak memiliki kandungan vitamin. Dari sekian banyak buah, beberapa jenis buah yang paling populer dan kaya akan nutrisi diantaranya yaitu alpukat, apel, jeruk, dan pisang.

Selain itu, jenis buah lain yang banyak memiliki kandungan sehat adalah jenis bah berry, seperti blueberry dan strawberry. Selain dari rendah kalori, buah jenis ini juga kaya dengan antioksidan dan serat.

Mengkonsumsi makanan sehat juga sebaiknya di imbangi dengan makan sehat yang utama. Adapun jenis makanan sehat utama yang harus kita konsumsi selain sayuran dan buah-buahan adalah sebagai berikut :

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Daging dan telur
  • Ikan dan makanan laut lainnya
  • Susu

Jenis Makanan Yang Perlu Kita Hindari


Selain dari mengkonsumsi makan-makanan sehat, kita juga harus mengenali jenis makanan kurang sehat yang harus kita hindari, karena jenis makanan ini dapat memicu ganggang terhadap kesehatan.

Pertama, hindarilah makanan dan minuman yang memakai banyak gula, makan jenis ini apabila sering di konsumsi dalam jumlah yang besar, dapat memicu terjadinya sesistensi insulin yang tinggi di tubuh, sehingga dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit yang serius termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Selain daripada itu, makan yang wajib kita hindari adalah jenis makanan cepat saji atau junk food, seperti ayam goreng, keripik dan kentang goreng. Makanan-makanan jenis ini banyak memiliki kalori yang tinggi, akan tetapi sedikit nilai nutrisinya.

Makan dan minum lainnya yang wajib kita hindari yait seperti keju olahan, daging olahan, es krim, dan permen. Namun jika kita ingin mengkonsumsinya, sebaiknya di batasi atau hanya sekali saja.

Itulah beberapa mengenai makanan sehat yang wajib kita konsumsi, mulai dari sekarang konsumsilah makanan sehat yang seimbang demi menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Jika perlu, kita bisa langsung konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment