8 Cara Menulis Artikel SEO Menurut Para Blogger



Sepertinya, SEO ini sangat berperan penting dalam sebuah blog ya.? Kalau kita amati atau kita perhatikan, dengan adanya informasi – informasi yang ada dari blog – blog lain, SEO ini dinomor satukan dalam sebuah blog.

Baik itu dari Template, Artikel, dll. Semuanya harus SEO.

8 Cara Menulis Artikel SEO Menurut Para Blogger
Jujur saja, sebenarnya saya sendiri juga kurang ngerti yang namanya SEO. Sudah berkali – kali untuk memahami SEO, tapi blom ngerti juga sepenuhnya.

Tapi setelah saya banyak mencari informasi kesana kesini, akhirnya saya menemukan dan membuat kesimpulan tentang SEO.

Dari hasil yang saya amati, untuk membuat sebuah artikel yang SEO, sebenarnya tidak susah, tapi karena kita tidak ngerti yang nama nya SEO, itulah yang membuat kita bingung, artikel SEO itu seperti apa.

Jujur saja, seperti yang sudah saya jelaskan diatas, saya juga kurang  ngerti yang namanya SEO, Jadi harap maklum kalau ada yang kurang.

Itu sebabnya saya menulis artikel secara natural saja tanpa pedulikan yang namanya SEO.

Tapi, sebagai seorang blogger yang ingin mempelajari lebih jauh lagi, dan ingin mencari lebih banyak informasi tentang masalah SEO.

Apa lagi tentang masalah menulis artikel yang SEO, karena saya sudah belajar dengan teman Artikel yang SEO itu seperti apa, saya akan bagikan Tips ini kepada sobat semuanya.

Baiklah bagi sobat yang ingin mengetahui beberapa tips bagaimana saya menulis sebuah artikel yang SEO, bisa sobat lanjutkan baca artikel saya ini.

Karena memang saya pemula dan kurang ngerti juga tentang SEO, jadi saya jelaskan secara singkat dan tentunya akan mudah sobat pahami.

Cara Menulis Artikel Yang SEO Menurut Para Blogger


1. Riset Kata Kunci


Riset kata kunci adalah termasuk didalam kategori yang SEO untuk sebuah artikel. Sobat bisa riset keyword atau kata kunci.

Dalam meriset kata kkunci, biasanya saya menggunakan ubersuggest.org, ini untuk mengetahui kata kunci yang  paling banyak dicari di SE.

Selanjutnya upload kata kunci tersebut pada google adwords keyword planner. Klau kurang ngerti sobat bisa lihat Cara riset keyword bagi blogger pemula.

2. Judul Artikel


Judul artikel juga berperan besar pada artikel yang SEO. Jadi setelah sobat mendapatkan kata kunci yang diinginkan, buat kata kunci tersebut pada judul artikel yang sobat buat.

Misalnya begini :

Sobat sudah mendapatkan kata kunci tentang “Rambut Panjang”. Jadi taruh kata kunci sobat pada judul artikel sobat.

Contohnya begini :

Rambut Panjang Yang Ada di Dunia”, atau “ Cara mengatasi Rambut Rontok ”.

Tapi lebih baik taruh kata kunci di depan judul artikel sobat. Ini Karena informasi yang saya dapat dari para blogger master, kata kunci yang ditaruh didepan akan lebih baik dari pada ditengah maupun dibelakang judul artikel.

Dan kalau boleh usahakan menggunakan judul yang sedikit panjang, tapi jangan pula terlalu panjang, cukup . Dan buatlah yang semenarik mungkin untuk mengundang pembaca
.

3. Buat Kata Kunci di URL Artikel.


Maksudnya begini, setelah setelah sobat membuat judul artikel dengan kata kunci sobat, biasanya kalu di blogspot, URL tersebut akan muncul otomatis.

Misalnya:
Judul Artikel  sobat, Rabut panjang yang Ada di dunia
URL nya seperti ini, rambut-panjang-yang-ada-di-dunia.html

4. Buat Kata Kunci Pada Meta Description


Sebenarnya apa itu meta description? Kalau sobat bertanya seperti itu, saya tidak bisa menjawabnya sob, karena seperti yang sudah saya katakan, saya kurang ngerti, nama nya juga masih pemula. apa itu meta description.

Tapi berdasarkan informasi, itu juga berperan dalam membuat artikel yang SEO.

Jadi untuk meta description, yang saya tahu dari para blogger master, meta discription itu posisinya kalau kita membuat pstiangan baru, coba lihat di bagian kanan, disitu ada yang namanya label, link, trus apa lagi ya, saya lupa. Hehehe ..

Nah, untuk meta description, kalau blog sobat bahasa indonesia, itu tulisannya deskripsi penelusuran, jadi sobat Tulislah deskripsi artikel sobat di situ. Tentunya yang mengandung kata kunci yang sobat cari. 

5. Sisipkan Kata kunci pada 100 kata pertama Artikel


 Pada saat sobat menulis artikel. Kalau bolehJangan lupa untuk menaruh kata kunci tersebut pada awal artikel. Pokoknya jangan lebih dari seratus kata.

Trus kalau boleh tulis lah artikel sobat sepanjang mungkin. Sebenarnya banyak juga yang bilang, artikel yang bagus itu terdiri dari 600 kata saja, tapi ada juga yang bilang harus lebih dari 1000 kata.

Ini sebenarnya membingungkan.jujur saja, saya pun juga bingung. Hehehe..

Tapi ya terserah sobat saja dah, seberapa kuat sobat nulis artikel nya. Tapi yang sobat harus ingat, artikel yang panjang jangan sekedar Copas. ( Copy paste ). Itu sama saja tidak bagus.

6. Masukkan Eksternal link di artikel


Sobat tau Apa itu eksternal link? Tentu saja sobat gak tau, iya kan.? Saya aja gak tau. Hehehe…. Tapi begini bilang para blogger yang master, eksternal link adalah link yang menuju website atau blog milik orang lain yang relevan dengan artikel kita tulis.

Maksudnya artikel yang mempunyai topik yang sama dengan artikel kita, atau artikel yang saling berhubungan, ngertikan maksudnya.?

Maksudnya begini :

Kalau kita membahas tentang topik Rambut panjang, tapi link eksternal nya kita buat tentang Memperbaiki Kipas Angin. Ini kan gak nyambung, yang di bahas lain, yang kita arahkan lain. Ini kan aneh

Jadi yang baik itu bagaimana.?

Nah yang baik itu seperti ini, dari beberapa blogger yang saya tanya, sebaiknya membuat eksternal link yang benar itu harus seperti ini:

  • Memasang link keluar yang relevan
  • Menggunakan atribut nofollow
  • Jangan menggunakan keyword target sebagai anchor text
  • Memasang link ke blog/situs otoritas.

7. Membuat internal link


Internal link adalah merupakan link yang ada pada blog sobat. Cobalah taruh pada artikel sobat yang sedang sobat buat. Dan yang lagi – lagii harus yang relevan. Hehehe……

8. Menaruh gambar yang relevan


Taruhlah gambar yang relevan. Jangan asal mengambil gambar saja di google. Kita harus sedikit kreatif  ya sob.

Sebenarnya sobat boleh sih ambil gambar di google, namun di edit dulu biar kelihatan lebih bagus. Tapi ada baiknya sobat pakai gambar yang sobat foto sendiri.

Terus yang paling penting, sobat haru buat alt text pada gambar sobat tadi. Jika pada blogspot, sobat bisa klik gambar, trus sobat pilih propertis dan masukan kata kunci atau judul artikel sobat.

Catatan :

Kalau sobat menggunakan cara yang ada di atas, saya tidak bisa menentukan artikel sobat bisa masuk ke peringkat halaman satu Google ya sob.

Tapikan gak ada salahnya untuk mencoba cara diatas, dan jangan mudah merasa putus asa. Banyak blogger yang putus asa karena blognya jarang dikunjungi.

Saya harap sobat jangan seperti itu. Berusaha lagi sekuat – kuatnya agar supaya artikel sobat bisa nangkring di halaman satu Google.

Itulah kesimpulan yang saya ambil tentang tips cara membuat artikel yang SEO Menurut para blogger, hanya ini yang bisa saya sampaikan, kalau ada yang kurang saya mohon maaf  ya sob, harap maklum saja, soalnya masih baru.

Dan masih baru belajar tentang yang namanya SEO. Hehehe…

Alangkah senangnya kalau sobat bisa memberikan informasi tambahan tentang bagaimana cara membuat Artikel Yang SEO, biar semuanya bisa salaing mempelajari tentang SEO...
Simak juga Rahasia menulis Artikel Disukai Pemabaca atau  Cara sederhana Mengembangkan sebuah blog








Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment