Cara Memperbiki Atau Menghapus Crawl Error( Page Not Found 404 )

Crawling adalah Cara Googlebot untuk menemukan halaman yang telah diperbaharui dan menambahkannya ke indeks Google.

Proses penjelajahan ini dimulai dengan sebuah daftar URL halaman web yang dihasilkan dari proses berdasarkan perayapan sebelumnya, Kemudian ditambah dengan Sitemap data yang telah diberikan oleh webmaster.

Googlebot akan melihat isi dari sebuah website tersebut, dan mendeteksi link pada setiap halaman blog dan akan menambahkan nya ke dalam daftar perayapan halaman.

Situs yang baru, dan perubahan pada situs yang ada, dan link mati ini akan dicatat dan digunakan untuk memperbarui indeks Google, jika terdapat error maka kita harus menghapus kode error tersebut.

Untuk menghapus crawl yang error kode 404 sebenarnya sangat mudah, sekarang kita bisa langsung menuju ke halaman google webmaster tools dan menghilangkan crawl error 404 secara permanen atau selamanya.

Akan tetapi jika terdapat banyak sekali crawle error ( page not found 404 ), ini kita harus melakukannya dengan sabar.

Karena dengan cara yang manual akan jauh lebih efektif, dan kemungkinan gak akan terjadi lagi error 404 “ halaman tidak di temukan ”.

Jadi, untuk mencegah terjadinya error 404 agar supaya tidak makin banyak, kita harus lebih selalu untuk memeriksa halaman google webmaster tools, sekaligus memantau keadaan blog atau sites kita.

Penyebab Terjadinya Crawl Error ( Page Not Found 404 )


Biasanya, faktor yang menjadi penyebab terjadinya error 404 ( halaman tidak di temukan ) pada sebuah blog adalah terdapat link yang mengarah pada suatu halaman yang telah dihapus ( Terhapus ), atau tertuju pada sebuah halaman link yang rusak (broken link).

Hal ini biasanya, bisa di akibatkan karena kesalahan dalam pengetikan yang mengarah pada sub domain blog, bisa juga akibat menghapus halaman blog tanpa sengaja, atau link tersebut memang sudah kadaluarsa.

Biasanya terjadi karena adanya sebuah link yang disisipkan oleh seorang komentar pada blog kita, kebetulan link tersebut sudah tidak ada atau sudah rusak, sehingga menimbulkan terjadinya crawl error.

Untuk Menghapus Crawl Error ( Page Not Found 404)  Secara Permanen teman – teman bisa melakukan dengan cara berikut.

Cara Menghapus Crawl Error Kode 404 Di Google webmaster Tools


1. Login ke Google webmaster tools milik sobat.

2. Masuk ke halaman menu di sebelah kiri,Craw  ->  Crawl Error
Cheklist pada priority, maka akan otomatis tercheklist semua filenya, kemudian klick download, pilih format google docs.

3. Buka notepad teman - teman, copy semua link yang error tersebut.

4. Sekarang buka menu halaman google index.


Cara Memperbiki Atau Menghapus Crawl Error( Page Not Found 404 )


4. Klick Rmove atau hapus URL.


Cara Memperbiki Atau Menghapus Crawl Error( Page Not Found 404 )


5. Klik pada create a new removal request masukkan satu link yang anda copy pada note pad tadi, kemudian klick submit request, lakukan satu demi satu pada link hasil copy pada note pad hingga selesai. Hal ini membutuhkan sedikit kesabaran sobat jika terdapat banyak link yang error.

Cara Memperbiki Atau Menghapus Crawl Error( Page Not Found 404 )




6. Nah, Jika semuanya sudah selesai, maka sobat kembali pada menu halaman Craw –> Crawl Error, Cheklist pada priority dan Klik tombol Mark as fixed.

7. Pada tahap ini, sobat sudah selesai melakukan penghapusan atau memperbaiki,Crawl error 404 akan di proses, sekarang sudah tidak terlihat lagi, seperti gambar di bawah.

Cara Memperbiki Atau Menghapus Crawl Error( Page Not Found 404 )




Sebenarnya untuk cara mengatasi kode Error Page Not Found 404 secara manual, ini akan jauh lebih efektif dan akan bersifat permanen, sebenarnya hal ini tidaklah begitu mempengaruhi rangking halaman google.

Tetapi kita juga harus secepatnya memperbaiki, karena ini akan berdampak pada backlink atau proses backlink yang telah lama pada halaman yang sudah ter index oleh google.

Itu lah sedikit informasi dari saya tentang cara Memperbaiki Atau Menghapus crawl error ( Page Not Found 404 ), semoga artikel bisa membantu teman – teman.

Simak Juga Cara Submit Blog Ke Social Marker Atau Syarat Penting Yang Harus Di Miliki Setiap Blog.

Terimakasih karena telah berkunjung, jangan sungkan untuk berkomentar…..

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment