Bahaya Memiliki Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Meiliki perut yang buncit dapat mengganggu penampilan seseorang, dan ini tentunya menyebabkan rasa kurang percaya diri.

Tapi sayangnya, untuk mengecilkan perut yang buncit tentunya bukan perkara yang mudah. Karena untuk mengecilkan perut yang buncit kita harus rajin berolahraga.

Perut buncit bisa disebut juga obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab terjadinya perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak pada bagian perut.

Lemak pada bagian perut ini terdiri atas dari dua macam lemak, yaitu di sebut dengan lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada pada bagian bawah kulit.

Lemak ini dapat terlihat oleh kita, Sedangkan lemak viseral berada pada sekitar organ dalam tubuh yang tentunya tidak bisa terlihat.

Nah, lemak viseral inilah yang sering dihubungkan dengan kondisi obesitas di perut.

Selain itu, lemak ini sangat berbahaya  bagi kita, karena dapat meningkatkan risiko penyakit yang lain, dan lemak viseral ini juga sangat sulit untuk dihilangkan.

Apa yang menyebabkan perut buncit. ?


Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut yang kelihatan buncit timbul oleh karena asupan makanan yang berlebihan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktifitas fisik.

Apabila Anda makan yang terlalu banyak dan kurang berolahraga, Anda tentunya akan mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk juga lemak di bagian perut.

Untuk para wanita yang memiliki perut buncit akibat dari Usia tua dan ketidakseimbangan hormon pada wanita menopause juga mempermudah timbulnya perut buncit.

Selain dari itu, bentuk tubuh yang berbentuk seperti “ apel ” cenderung menyimpan lemak di sekitar bagian perut jika dibandingkan dengan bentuk tubuh seperti “pir”.

Bagaimana Mengetahui Perut Buncit Berbahya itu.?


Untuk mengetahui perut buncit yang berbahya, in bisa anda lakukan dengan mengukur lingkaran pinggang Anda.

Bahaya Memiliki Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Untuk mengukurnya Anda bisa menggunakan meteran yang dilingkarkan di perut Anda dengan posisi meteran sejajar dengan ujung tulang panggul dan pusar.

Untuk seorang laki-laki bisa dinyatakan menderita obesitas perut apabila lingkaran pinggangnya melebihi 90 cm. Sedangkan untuk perempuan lingkarannya, di atas dari 80 cm.

Bahaya yang Ditimbulkan oleh Penimbunan Lemak Pada Perut

Bagi Anda yang memiliki perut yang buncit karena kebanyakan lemak, sebaiknya Anda berwaspada. Ini karena ada sejumlah risiko yang bisa mengganggu kesehatan Anda.

Sudah dikatakan diatas bahwa lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya di bandingkan dengan tipe lemak yang lainnya.

Karena kumpulan lemak viseral yang berada di dalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon yang tentunya dapat mengganggu metabolisme pada tubuh.

Senyawa peradangan ini bisa disebut juga dengan sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Selai dari itu, Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah senyawa asam lemak bebas.

Senyawa ini akan masuk ke dalam hati dan akan memicu berbagai perubahan, antara lain yaitu peningkatan produksi kolesterol buruk dan akan membuat penurunan produksi kolesterol baik di dalam tubuh.

Itulah mengapa perut buncit bisa dikatakan dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol tinggi.

Selain itu, asam lemak bebas ini juga dapat menyebabkan insulin menjadi kurang efektif dalam mengontrol gula darah, dan ini tentunya dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Lemak pada perut buncit ini juga dapat menyebabkan anda memiliki tekanan darah tinggi, stroke, dan serangan jantung.

Hal ini dikarenakan lemak yang terdapat pada perut buncit dapat memicu perubahan hormon yang dapat mengontrol penyempitan pembuluh darah atau yang disebut dengan angiotensin.

Cara Mengecilkan Perut Buncit


Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, lemak viseral adalah lemak yang paling banyak berperan pada terjadinya perut buncit.

Ini tentu saja Berbeda dengan lemak subkutan yang berada dekat dengan bagian kulit, sementara lemak viseral ini berada di bagian sekitar organ dalam, sehingga sulit untuk dihilangkan.

Dengan demikian, untuk dapat menghilangkan lema viseral ini Anda dapat mengencangkan otot perut dengan melakukan sit-up atau gerakan lainnya.

Tetapi, dengan hanya melakukan latihan-latihan yang seperti itu, ini tidak akan menyingkirkan perut buncit secara bermakna.

Akan tetapi, cara mengecilkan perut buncit ini, Anda bisa melakukan dengan memakai strategi kombinasi diet dan olahraga, yang ditujukan untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak pada ntubuh.

Hingga pada saat ini, intervensi yang khusus yang dapat menurunkan lemak viseral belum ada yang terbukti efektif untuk menyingkirkannya.

Akan tetapi untuk mengecilkan perut buncit bukan perkara yang mudah, Anda harus tetap perlu berusaha untuk mengatasi perut buncit.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan Untuk Mengecilkan Perut Buncit.


Kurangi Mengkonsumsi minuman yang beralkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, minuman yang beralkohol juga dapat menyebabkan perut Anda menjadi buncit.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi dan asupan kalorinya. Untuk meminimalisasi lemak pada perut, Anda harus mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Setidaknya dikurangi 500-1000 kalori per hari dari total kebutuhan.

Kurangi karbohidrat dan konsumsi banyak sayuran, buah-buahan, prodcuk susu rendah lemak, produck biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak.

Perbanyakan aktivitas fisik. Karena kurangnya aktivitas dapat membuat Anda kesulitan untuk mengecilkan perut buncit.

Mulailah dengan membiasakan untuk berolahraga, dengan kombinasi latihan ketahanan dan cardio.
Jika Anda sudah tidak bisa melakukan aktivitas olahraga yang berat, cobalah rutin untuk berolahraga ringan seperti berjalan kaki atau yoga.

Seperti yang sudah kita ketahui, Mengecilkan perut buncit memang bukan perkara yang mudah, tetapi bukan pula berarti Anda harus berhenti berusaha untuk mengurangi lemak di dalam tubuh Anda.

Untuk itu mulailah untuk menjalani hidup yang sehat dengan menjaga asupan makanan Anda, mengubah gaya hidup, dan rajinlah untuk melakukan olahraga.

Baca Juga : 4 Jenis Olahraga Yang Bisa Buat Anda Langsing Dan Pintar

Semoga ini bermanfaat bagi anda. Terimakasih Atas Kunjungannya..

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment