5 Cara Hidup Sehat Dan Terbukti Efektif Untuk Menjaga Kesehatan

Hidup yang sehat dalam menjalani sehari-hari adalah pilihan dari setiap orang. Namun, kebanyakan dari orang-orang jarang melakukan gaya hidup yang benar-benar dalam rangka untuk mewujudkan pilihan mereka itu sendiri.

5 Cara Hidup Sehat Dan Terbukti Efektif Untuk Menjaga Kesehatan
5 Cara Hidup Sehat Dan Terbukti Efektif Untuk Menjaga Kesehatan
Pada dasarnya, gaya hidup pada seseorang menjadi faktor yang utama dalam menentukan kesehatan pada dirinya, mulai dari melakukan hal-hal kecil yang biasa dilakukan dalam sehari-hari, sampai dengan melakukan hal-hal besar yang juga sering dilakukan.

Teman-teman semuanya, berhubungan dengan gaya hidup seseorang yang dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan, kebanyakan dari orang-orang akan merubah pola gaya hidup mereka, mulai dari gaya hidup yang kurang baik menuju kearah gaya hidup yang lebih baik, itu baru dilakukan ketika telah terjadi sesuatu hal pada kesehatan tubuh mereka.

Karena itu pada saat ini, tidak jarang kita temui cara-cara yang ditempuh untuk bisa memperoleh kesehatan, baik itu mulai dari diet menurunkan berat badan, latihan olahraga secara teratur, terapi kesehatan, sampailah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang tertentu dalam waktu jangka yang panjang.

Sebenarnya, cara-cara yang seperti itu tidaklah menjadi hal yang utama dalam memperoleh hidup yang sehat, jika saja sejak awal seseorang telah menerapkan pola dan cara hidup yang sehat dalam kesehari-harian mereka. Selain itu, anjuran-anjuran dari medis kemudian menjadi pilihan alternatif bagi mereka untuk mendapatkan kesehatan pada tubuh.

Jadi bagi teman-teman yang ingin mendapatkan atau ingin merubah pola gaya hidup sehat agar mendapatkan kesehatan yang baik, saya akan memberikan 5 cara pola gaya hidup yang sehat.

Cara ini sebenarnya sudah lama di ketahui, apa lagi bagi orang-orang muslim, cara ini sudah ada sejak diutusnya Rasulullah dan turunya Al-Quran. Tapi hal yang seperti ini jarang dilakukan oleh orang-orang, bahkan umat muslimpun jarang yang mau melakukannya.

Nah untuk itulah saya ingin berbagi tips ini kepada teman-teman baik itu yang muslim maupun yang non muslim, berikut ini ada 5 cara hidup sehat yang bisa Anda terapkan dan tentunya terbukti dalam menjaga kesehatan!

Cara Hidup Sehat Yang Bisa Diterapkan Untuk Kesehatan


1. Duduk Disaat Makan Dan Minum


Ketika kita sedang makan ataupun minum, hendaklah selalu duduk dalam melakukannya. Alasannya ialah, ketika saat seseorang duduk secara medis ternyata rongga-rongga dalam sistem pencernaan berbeda ketika seseorang dalam keadaan posisi berdiri.

Rongga-rongga dalam sistem pencernaan akan menjadi lebih terbuka, sehingga pada saat makanan atau minuman yang masuk kedalam tubuh, maka sistem pencernaan tubuh telah siap untuk menerimanya. Ketika itulah pencernaan makanan telah siap untuk menerima sehingga tidak ada paksaan agar sistem pencernaan bekerja secara keras.

Nah, hal yang seperti ini berbeda jauh bila makan dan minum dilakukan secara berdiri, alasannya ialah katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingga ketika makanan atau minuman yang masuk, maka system pencernaan akan bekerja dengan keras untuk mencernanya.

Tentunya bila hal yang seperti itu terus berlangsung, lama-kelamaan system pencernaan akan menjadi lemah sehingga kemudian dapat menimbulkan gangguan-gangguan terhadap kesehatan pada seseorang.

Baca Juga Makanan yang Baik dan Buruk Bagi Penderita Diabetes

2. Rajin Melakukan Puasa


Bagi umat muslim, berpuasa disaat bulan Ramadhan adalah hal yang wajib dilakukan, selain dari puasa yang wajib, puasa senin sama kamis juga sangat baik di lakukan untuk mendapatkan pola hidup yang sehat.

Selain mendapatkan pahala ternyata secara medis berpuasa pada saat bulan Ramdhan ataupun puasa di waktu senin kamis juga sangat berpengaruh penting bagi kesehatan fisik dan  psikologis seseorang bagi teman kita yang non muslim puasa seperti hari senin dan kamis juga bagus untuk diterapkan.

Alasannya, saat kita berpuasa kinerja organ tubuh akan menjadi lebih santai dan tenang,  sehingga emosi lebih mudah untuk terkontrol dan pikiranpun bisa jauh dari hal-hal yang negatif dan stress.
Secara kesehatan fisik, berpuasa akan dapat mengontrol jumlah makanan dan minuman yang ada dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tidak berlebihan, dengan demikian maka kinerja organ pencernaan pun akan berjalan dengan seimbang.

3. Makan Menggunakan Tangan Kanan


Yang perlu Anda ketahui, ternyata hasil dari penelitian medis, tangan sebelah kanan yang bergerak pada waktu ketika makan, syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif.

Hal yang seperti ini berfungsi untuk melatih dan dapat menjaga otak kiri untuk  menghasilkan pikiran yan tetap selalu fokus dan selalu aktif.

Baca Juga Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Ura

4. Seimbangkan Waktu Istirahat Tubuh


Secara medis, tubuh sangat dianjurkan untuk bisa beristirahat secara cukup. Untuk itu Anda harus bisa membagi waktu dalam aktifitas Anda, dan tetap memberikan keseimbangan agar tubuh Anda tercukupi dalam waktu beristirahat.

Dalam kajian secara medis, tubuh membutuhkan waktu istirahat sebanyak 8 jam dalam sehari. Dan hal tersebut tentunya didapatkan dari 1/3 waktu beristirahat yang diterapkan dalam keseharinya.

5. Makan Ketika Lapar, Berhenti Sebelum Kenyang


Selain mengkonsumsi makanan yang baik, bagi umat muslim Ada istilah yang namanya “ Makanlah ketika lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. Istilah yang seperti ini adalah, bahwa seseorang Mengkonsumsi makanan yang secara tidak berlebihan. Dan tentunya bagi teman-teman kita yang non muslim juga bisa menerapkannya.

Dalam secara medis, hal yang seperti ini efektif dalam menjaga kesehatan organ pencernaan tubuh terutama pada lambung.

Alasan dari istilah tersebut ialah, dimana disaat kita lapar terus kita isi dengan makanan dan minuman yang secara berlebihan, maka organ perncernaan akan bekerja sangat keras untuk mencerna makanan yang masuk secara berlebihan tersebut, dan tentunya hal ini justru akan melemahkan kinerja sistem pencernaan tubuh dan dapat menimbulkan penyakit dan gangguan terhadap kesehatan lainnya.

Baca Juga Cara Merawat dan Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Baik

Itulah beberapa Cara Hidup Sehat Dan Terbukti Efektif Untuk Menjaga Kesehatan. Semoga ini bermanfaat bagi teman-teman.


Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment