Penyebab CPC Adsense Menurun Drastis di Awal Tahun

Banyak para blogger / publisher Adsense yang sedang merasa putus asa karena CPC Adsensenya tidak kunjung meningkat setelah penurunan dari sejak awal tahun ini.

Selain itu tidak sedikit pula para blogger yang masih baru menjadi mitra publisher Adsense yang masih bingung tak habis pikir kenapa CPC Adsense menurunnya sangat mengenaskan.

Penyebab CPC Adsense Menurun Drastis di Awal Tahun

Nah dari adanya fenomena yang terjadi sekarang ini, saya ingin sedikit memberikan informasi atau penjelasan berdasarkan dari apa yang saya ketahui apa penyebab CPC Adsense bisa menurun secara drastis seperti ini.

Menurunya CPC Adsense di Awal Tahun Adalah Hal Yang Normal


Menurut yang saya ketahui, menurunnya CPC Adsense di Awal tahun itu adalah hal yang sering terjadi, atau bisa dibilang adalah hal yang wajar saja. Mungkin bagi sobat blogger yang sudah menjadi publisher Adsense yang sudah lama atau empu mereka sudah pada negerti ne hal yang seperti ini.

Namun bagi yang pemula atau yang baru mengalam hal seperti ini, mungkin agak sedikit resah. Nah untuk itu saya tekankan, bagi Anda yang baru saja mulai di dunia Adsense mulai sekarang Anda tidak usah merasa khawati atau resah atau bagaimalah gitu, kaena penurunan CPC Adsense ini terjadi setiap tahun, dan ini dialami hampir seluruh publisher Adsense.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apa sebab CPC itu menurun.?
 

Penyebab CPC Adsense Menurun Diawal Tahun


Salah satu penyebab utamanya adalah karena diawal tahun biasanya pemasang iklan menganggap hal ini kurang bagus. Alasannya karena banyak orang yang sudah menghabiskan uang di bulan akhir tahun.

Biasanya di akhir tahun ini adalah momen dari hari belanja Nasional, Hari Natal, dan juga perayaan Tahun Baru. Jadi wajar banyak orang menghabiskan uang di bulan tersebut.

Jadi karena alasan tersebutlah di bulan awala tahun para pemasang iklan di Google Adwords akan melakukan tiga hal berikut :

1. Menurunkan Budget Iklan Harian Mereka


Pada Google Adwords, biasanya pemasang iklan dapat menentukan budget / anggaran harian untuk iklan yang mereka pasang.

Nah misalnya ni, dibulan-bulan biasa mereka memasang iklan menetapakan anggaran iklan hariannya sebesar 3 juta, nah karena mereka telah banyak menghabiskan uang di bulan akhir tahun, maka di awal tahun mereka menurunkan anggaran tersebut menjadi 1,5 juta.

Di Google AdWords, pemasang iklan dapat menentukan budget/anggaran harian untuk iklan yang mereka pasang.

Jad hal tersebutlah yang menjadi penyebab iklan yang mereka pasang jarang di tampilkan di sites-sites yang terdaftar di Google Adsense.

Jadi, semakin sedikit jumlah iklan yang ditampilkan, semakitn rendah harga lelang iklan, jika harga lelang semakin rendah, maka semakin rendah pula CPC Adsense.

2. Menurunkan Harga Lelang Iklan


Selain dari menurunkan anggaran, mereka yang memasang iklan juga bisa menurunkan max CPC bid dari iklan yang mereka pasang.

Maksud dari Max CPC di sini adalah harga maksimal yang bersedia mereka bayarkan untuk setiap kali klik iklan yang mereka pasang.

Misalnya ni, di bulan-bulan biasa, mereka menentukan Max CPC bid sebesar Rp3000, nah di awal tahun mereka menurunkannya menjadi Rp1000.

Dengan menurunnya Max CPC bid secara langsung akan berdampak kepada menurunnya CPC Adsense.

3. Menon-aktifkan Kampanye Iklan


Selain dari dua point diatas, pemasang iklan juga dapat menon-aktifkan kampanye iklan mereka do Google Adwords.

Nah itu artinya para pemasang iklan tidak memasang iklan sama sekali di Google Adwords pada awal tahun ( Bulan januari ).

Baca Juga : Tantangan Para Yotuber Tahun 2018

Karena demikian, maka tentunya akan menyebabkan jumlah iklan yang tersedia menjadi sedikit. Sementara jika semakin sedikit jumlah iklan yang tersedia, maka semakin rendah pula harga lelang iklan, jika harga lelang iklan semakin rendah otomatis semakin rendah pula CPC Adsense.

Jadi keseimpulannya adalah, bagi teman-teman yang masih baru menjadi publisher Adsense tidak usah khawatir lagi, karena hal ini akan kembali menjadi normal kembbali, ingat saja badai pasti akan berlalu.

Terimakasih.. salam..

Jangan lupa share dengan yang lain…

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

  1. betul juga mas , pemasang iklan google adwords mungkin berkurang dari tahun sebelumnya padahal publisher ads tiap hari bertambah , syukuri saja mas, sedikit2 lama2 menjadi bukit ...

    ReplyDelete
  2. Iya mas, seperti itulah kiranya.
    hahah,, terimakasih mas sudah mau berkunjung..

    ReplyDelete