Apakah Minyak Kelapa Baik untuk Rambut dan Diet.?

Orang-orang telah banyak memercayai bahwa minyak kelapa sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Ada pula orang-orang yang menyebutkan, bahwa minyak kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk diet.

Tapi kenyataannya, tidak semua hal-hal tersebut benar. Berikut ini fakta dari minyak kelapa untuk rambut dan diet.
Apakah Minyak Kelapa Baik untuk Rambut dan Diet.?
 Selain dari produck minyak kelapa yang mudah untuk ditemukan, kini telah diketahui pula jenis minyak kelapa yang murni atau atau bisa di sebut virgin coconut oil (VCO).

Meskipun belum ada standar industrinya, Virgint Coconut Oil ) VCO ) adalah minyak kelapa yang tidak menggunakan bahan tambahan pemutih, pewangi, pewarna, atau proses-proses lainnya.

Kemampuan Untuk Melembapkan


Minyak kelapa telah diakui memiliki efek untuk melembapkan yang secara alami ketika dioleskan pada kulit yang kering.

Kemampuan dari minyak kelapa berhubungan dengan mekanisme tubuh memperlakukan kandungan minyak jenuh di dalamnya.

Asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa telah diketahui dapat berfungsi sebagai antiradang pada kulit. 


Serta dapat menghambat pertumbuhan dari beberapa jenis bakteri, virus dan jamur yang berbahaya.

Jika minyak kelapa telah diakui memiliki manfaat bagi kulit, namun bagaimana pula manfaat minyak kelapa jika dioleskan pada rambut?

Sebuah penelitian yang telah dilakukan terhadap minyak kelapa, peneliti telah menunjukkan kemampuan dari minyak kelapa untuk merawat rambut kering atau rusak akibat sering terkena panas atau pewarnaan.

Namun, minyak kelapa hingga saat ini belum atau tidak terbukti mampu untuk  merangsang pertumbuhan atau menyuburkan rambut.

Berkat dari kemampuan untuk melembapkan dari minyak kelapa, rambut yang kering yang sulit diatur bisa kita atasi.

Nah, ketika rambut kering tampak sudah mengembang, cukup oleskan saja sedikit minyak kelapa pada rambut sebelum menatanya.

Kemudian setelah itu, untuk mencegah rambut dari panasnya matahari atau udara yang dingin, oleskan saja minyak kelapa yang berfungsi sebagai bahan pelindung.

Cara ini tentunya akan membuat rambut kelihatan tetap lembap dan sehat.

Penelitian awal yang dilakukan telah menunjukkan bahwa kombinasi dari minyak kelapa bersama dengan beberapa jenis minyak yang lain, ini dapat membantu mengusir kutu rambut pada anak-anak.

Kombinasi dari minyak kelapa dengan minyak yang lain diduga efektivitasnya hampir sama dengan pengobatan anti serangga kimiawi yang lainnya.

Tapi hal ini bukti ilmiahnya belum cukup untuk bisa di jadikan sebagai obat untuk pengobatan anti serangga.

Efek Terhadap Penurunan Berat Badan


Pernah dilakukan penelitian terhadap minyak kelapa, mereka menemukan bahwa ada kemungkinan minyak kelapa dapat membantu untuk mengurangi lingkaran pinggang tapi ini tidak terbukti.

Penelitian menduga bahwa dengan mengkonsumsi 10 ml minyak kelapa sebanyak tiga kali sehari dalam waktu selama satu sampai enam minggu dapat mengurangi lingkaran pinggang.

Hal itu karena kandungan asam laurat yang terdapat pada minyak kelapa dapat membuat tubuh membakar energi lebih efektif.

Akan tetapi, studi tidak menunjukkan bahwa adanya efek terhadap penurunan berat badan.

Hasil dari penelitian studi juga bukan berarti menyarankan hanya dengan mengkonsumi minyak kelapa saja lalu tubuh akan secara otomatis membakar kalori dengan sendirinya. Hal itu tentulah tidak benar.

Menambahkan asupan dari minyak kelapa tanpa mengurangi asupan makanan yang lain, ini sudah pasti tidak akan memberikan efek yang baik untuk diet yang dilakukan.

Yang perlu kita garis bawahi adalah, bahwa minyak kelapa mengandung kalori yang tinggi, sehingga untuk konsumsinya tetap harus kita batasi.

Mengkonsumsi minyak kelapa dalam porsi yang berlebihan justru dapat menghalangi program untuk penurunan berat badan yang dilakukan.

Untuk Sebagai gambaran, settiap satu sendok minyak kelapa terdapat mengandung 117 kalori dan 13,6 gram lemak.

Nah, Jika dikonsumsi dengan porsi yang tidak berlebihan, minyak kelapa tentu dapat bermanfaat.

Namun, agar supaya penurunan berat badan berjalan dengan baik, anda juga harus tetap menerapkan pola makan yang sehat dan disertai dengan olahraga yang teratur.

Kesimpulan


Menggunakan minyak kelapa untuk rambut sebagai bahan kelembapan, itu bisa-bisa saja.

Namun, mengkonsumsi minyak kelapa untuk diet, ada sebaiknya Anda dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi.

Semoga ini bermanfaat.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

  1. Speaking about online technologies. I suggest to keep your paperwork stored online. Read about data rooms and everything will be clear.

    ReplyDelete
  2. terima kasih ya, artikel ini sangat membantu.

    ReplyDelete