Bahaya Kafein Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Kafein adalah merupakan bahan utama didalam kopi, yang mampu untuk mengaktifkan sistem saraf pusat, untuk melawan rasa lelah, serta dapat meningkatkan konsentrasi.

Menurut para penelitian, efek stimulan dari kafein tersebut bisa langsung Anda rasakan setelah 15 menit meminum kafein, dan efek stimulan tersebut mampu bertahan hingga enam jam.

Nah, di sarankan jangan terlalu banyak untuk mengkonsumsi kafein. Karena bisa membahyakan anda.

 Bahaya Kafein Bagi Penderita Penyakit Diabetes


Apalagi bagi Anda yang menderita penyakit diabetes tipe 2. Ini sangat bahya bagi Anda.

Beberapa dari penelitian telah menunjukkan, bahwa kafein dapat memengaruhi tubuh untuk mengatur gula darah, dan bahkan mungkin dapat memperburuk diabetes.

Tapi apakah kafein itu baik atau buruk untuk penderita penyakit Diabetes.?


Seperti yang sudah saya katakan, bahwa bagi penderita penyakit Diabetes tidak baik mengkonsumsi kafein.

Sebuah penelitian kecil yang telah di lakukan di Amerika Serikat, para peneliti mengemukakan, bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi dalam sehari, ini dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita pnyakit diabetes tipe 2.

Penelitian yang lain terhadap penderita penyakit diabetes yang mengonsumsi kapsul yang berisi kafein, setara dengan sekitar empat cangkir kopi, ini akan membuat gula darah juga naik setelah sarapan, makan siang, dan makan malam.

Hal seperti itu bisa membuat Anda menjadi lebih sulit untuk mengelola kondisi diabetes yang Anda diderita.

Ada pula studi yang lain yang telah menunjukkan bahwa meminum kafein sebelum makan, bisa membuat kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2 naik setelah mereka makan.

Hal ini telah menunjukkan adanya peningkatan resistensi insulin yang membuat kafein berbahaya bagi orang yang sudah memiliki penyakit diabetes tipe 2.

Terbiasa dengan mengkonsumsi kafein dalam jangka waktu lama juga bisa mengubah sensitivitas glukosa dan insulin.

Seringnya meminum kafein diduga mampu membuat insulin tidak sensitif, atau tidak bekerja dengan baiknya.

Untuk penderita penyakit diabetes yang tipe 2 yang mengkonsumsi kopi dalam jangka waktu yang lama, tubuh mencoba untuk membuat lebih insulin untuk menghilangkan gula dari aliran darah.

Hal seperti ini disebut sebagai efek toleransi. Efek toleransi ini biasanya akan terbentuk dalam jangka waktu setelah empat minggu mengkonsumsi kopi tersebut.

Namun, bahaya kafein ternyata tidak berpengaruh bagi orang yang tidak menderita diabetes.

Justru kafein diduga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes pada orang yang tidak menderita penyakit diabetes. Akan tetapi, bukan berarti Anda boleh mengkonsumsi kafein yang berlebihan.

Bagi orang yang dewasa dan tentunya yang tidak menderita penyakit diabetes, batas mengkonsumsi kafein hanya sampai 400 mg per hari.

Jumlah yang seperti itu tidak hanya dengan minum kopi saja, tapi juga dengan meminum minuman lain yang mengandung kafein seperti teh, cokelat, atau obat.

Pengaruh dari kafein bisa berbeda pada tiap-tiap orang. Jika Anda menderita penyakit diabetes, atau Anda sedang berjuang untuk mengontrol kadar gula darah, Sebaiknya Anda batasi mengkonsumsi kafein dalam minuman Anda.

Nah selain itu, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran mengenai Tentang bahaya kafein dan diabetes yang diderita.

Baca Juga Minum Kopi Dapat Mengurangi Penyakit Stroke

Hanya itu yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat…

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

  1. Terimakasih Atas informasinya.
    semoga selalu memberikan informasi yang baik dan berguna

    ReplyDelete
  2. Sama-sama gan..
    iya gan, blog ini akan selalu update informasi yang berguna dan bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. Artikel yang bagus untuk jadi referensi...
    Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan...
    Terima Kasih

    ReplyDelete