Apa itu Posbindu PTM Masyarakat

Posbindu PTM atau yang disebut dengan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular adalah salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotf dan preventif dalam rangka deteksi dini dan pemantauan faktor risiko Posbindu PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik.

Faktor risiko PTM meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas, fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolestrol serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan negara merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar.

Apa itu Posbindu PTM Masyarakat

Kelompok PTM Utama adalah Diabetes Melitus (DM), kanker,Ppenyakit Jantung dan Pembuluh Darah (PJPD), Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Pada dasarnya, kegiatan PTM merupakan kegiatan milik masyarakat yang dilaksanakan sepenuhnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat.

Sektor kesehatan khususnya Puskesmas lebih berperan didalam hal pembinaan Posbindu PTM dan menerima pelayanan rujukan dari Posbindu PTM di wilayah kerjanya, karena prinsipnya kegiatan Posbindu PTM mencakup upaya promotif dan preventif, maka didalam kegiatan Posbindu PTM tidak mencakup pelayanan pengobatan dan rehabilitas.

Posbindu PTM akan merujuk pada setiap kasus PTM yang ditemukan ke-Puskesmas atau pada pelayanan kesehatan lainnya agar mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Tujuan dan Sasaran Posbindu PTM


Tujuan utama dari kegiatan Posbindu PTM ini adalah untuk dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

Oleh sebab itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun keatas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beriko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Bagi sasaran masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang berisiko terkena penyakti PTM.

Bagi masyarakat yang berisiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor resiko PTM yang ada dan melakukan upaya dalam mengurangi jumlah maupun intensitas faktor resiko tersebtu agar tidak menjadi penyakit PTM.

Dan untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk dapat mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal, baik dengan upaya preventif seperti penyluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke-Puskesmas.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment