10 Syarat Terpenting Yang Harus Dimiliki Setiap Blog

Syarat.? Syarat apa sih.?

Syarat ialah suatu yang harus dipenuhi sebelum mengerjakan sesuatu pekerjaan. Kalau syarat – syaratnya kurang sempurna maka pekerjaan itu tidak dianggap sah.

Begitu juga blog, untuk menbangun blog yang ramai. Kita harus memenuhi syarat itu.

10 Syarat Terpenting Yang Harus Dimiliki Setiap Blog
Nah untuk membangun sebuah blog yang sukses, kita harus memenuhi banyak syarat untuk mengembangkan sebuah blog yang ramai ( Ramai Pengunjung ).

Tapi dari sekian banyak syarat itu,bisa kita ringkas atau kita rangkum menjadi beberapa syarat.

Berikut ini adalah 10 Syarat Penting Yang Harus Dimiliki Setiap Blog. Diatara 10 Syarat ini, saya akan bagi menjadi 2 bentuk syarat yang masing – masing mempunyai 5 point.
 

Mendasar ( Uumum )

Point penting Mendasar yang harus dimiliki setiap blog agar sukses

1. Konten Yang Mempunyai Nilai


Ada banyak cara untuk membuat konten yang mempunyai nilai tinggi bagi pembaca kita. Yaitu dengan dengan cara kita bisa mengajari mereka suatu hal yang baik dan bermanfaat.

Ataupun kita juga bisa mmberikan hiburan pada mereka. Kita juga memberikan informasi yang baru yang telah kita pelajari dan kita pahami.

Apapun cara yang kita gunakan kita harus bisa memberikan manfaat kepada pembaca, dan pembaca harus bisa mendapat jawaban dari masalah yang mereka punya dari konten/ informasi yang kita berikan. 

2. Konten yang unik


Konten yang unik adalah konten yang mempunyai ciri khas tersendiri, dan juga mempunyai perbedaan diantara konten – konten yang telah ada.

Jika sobat menyalin ( Copy paste ), kemudian mempublikasikan ulang seluruh artikel yang disalin dari kompas.com atau Wikipedia, apakah konten sobat mempunyai nilai.?

Tentu saja mempunyai nilai, akan tetapi tidak mempunyai keunikan.

Jadi jelas kan.? Bahwa konten yang memunyai nilai saja itu belum cukup sobat, tapi harus juga mempunyai nilai keunikan ( Unik ).

3. Konsisten


Sebenarnya, ketika blog kita sudah mulai ada pembacanya, baik pembacanya Cuma 5- 10 orang perhari, untuk blog yang baru ini sudah cukup menyenangkan.

Kalu blog baru yang sudah ada pembaca setianya, walapun sedikit, kita sebagai seorang blogger haruslah konsistensi.
 
Ini supaya pembaca bisa tahu kapan saatnya konten baru di blog kita akan update. Ini tidak masalah, apakah sobat menulis 2kali atau lebih update dalam sehari, atau pun seminggu 2 kali, yang penting sobat ataupun kita semua tetap  terjadwal untuk update konten tersebut.

4. Kesabaran ( Gigih )


Kalau kita perhatikan, blog yang populer dan ramai dikunjungi adalah blog yang sudah lama umurnya yang sudah bertahun – tahun menerbitkan konten secara teratur.

Artinya begini :

Untuk membangun sebuah blog, kita harus butuh kesabaran sampai blog yang kita miliki mencapai potensi yang maksimal.

Juga butuh Kesabaran serta kegigihan kita dalam membuat konten dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca juga postingan yang satu ini 3 Strategi Ampuh Untuk Membagun Sebuah Blog Baru

5. Komunitas


Aspek sosial yang menjadi lebih penting bagi sebuah blog adalah, kita harus perlu membangun komunitas blog kita, dan membuat pembaca merasa berada dalam bagian komunitas tesebut.

Design ( Desain )


Point penting Design ( Desain ) yang harus dimiliki setiap blog agar sukses:


1. Desain yang bersih


Desain yang bersih yng dimaksud adalah, Jika pembaca tidak bisa menemui yang Pembaca butuhkan dengan mudah, dan membaca tulisan artikel kita tanpa gangguan bermacam – macam pernak – pernik dan lain – lainnya , maka dengan sangat besar kemungkinan para pembaca kita akan mencari informasi tempat lain. Yang membuat pembaca merasa nyaman.

2. Brand


Seperti yang kita ketahui, ada ratusan bahkan ribuan blog yang mempunyai topik yang sama dengan blog kita, untuk itulah kita harus mempunyai identitas yang kuat ( Akurat ) menjadi hal yang sangat penting. Karena identitas itulah yang menjadi pembeda blog kita dari ratusan bahkan ribuan blog yang lainnya. Identitas itu pula yang membuat pembaca mudah untuk mengingat dan mau berkunjung ke blog kita kembali.

Dalam hal ini, kita harus menyesuaikan seluruh aspek blog, baik itu logo, favicon, warna, tema, dan yang lainya harus bersatu atau menyatu untuk menguatkan brand diblog kita.

3. Posting populer


Bantu pembaca untuk menemukan konten terbaik ( Posting Terpopuler ) yang sobat atau kita punyai.

Ini adalah salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan dan membuat mereka menjadi pembaca setia di blog kita, atau setidaknya mereka akan berkunjung kembali ke blog kita.

4. Tentang Saya


Tentang saya adalah informasi yang kuat untuk para pembaca mengenali kita, Kecuali kita membuat blog dengan dengan bentuk gaya majalah berita, membuat halaman Tentang Saya adalah sesuatu yang perlu dan harus dilakukan.

Karena Pengunjung ingin mengetahui siapa orang di balik yang memberikan semua informasi yang bermanfaat yang telah mereka baca.

5. Kontak


Kontak adalah memberikan efek bagi para pembaca untuk brkomunikasi kepada kita.

Karena seperti yang kita tahu, mungkin ada pembaca ingin bertanya langsung kepada kita, tentang bagaimana cara atau solusi untuk mengatasi masalah yang mereka hadapai, dan tidak ingin orang lain tau, jadi itullah gunanya kontak.

Itulah sedikit informasi tentang 10 Syarat terpenting yang Harus dimiliki setiap blog yang ingin berhasil. Bagaimana pendapat teman – teman.?

Kalau ada pendapat teman – teman yang lain senang rasanya melihat komentar dari teman – teman yang ada di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman – teman semuanya. Salam dari Blog Ciri Khas, terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu….

Baca juga Hal Yang Harus Dilakukan Pertama Ngeblog Atau Rahasia blogger Sukses Di Indonesia

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment