Bahaya Serta Dampak Dari Miunuman Bersoda Bagi Ginjal

Minuman bersoda merupakan salah satu jenis minuman yang sangat cocok untuk dikonsumsi dikala saat cuaca yang sedang panas. Karena jenis minuman bersoda yang dingin dapat membuat seseorang merasakan sensasi yang luar biasa yang dapat membuat pikiran menjadi lebih segar.

Sedangkan menurut pakar kesehatan, minuman yang bersoda termasuk kedalam jenis minuman yang paling tidak baik untuk kesehatan tubuh khususnya pada bagian organ tubuh yakni ginjal.

Mengapa Minuman Bersoda Dapat Meningkatkan Resiko Batu Ginjal


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Osaka University, Jepang, sekitar dari 8 ribu orang dengan kondisi kesehatan ginjal yang normal dilibatkan untuk mengetahui bagaiman efek kebiasaan minuman bersoda memberikan dampak bagi organ dalam.

Bahaya Serta Dampak Dari Miunuman Bersoda Bagi Ginjal

Para peserta tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok yang mengkonsumsi satu porsi minuman bersoda setiap hari, mengkonsumsi 2 porsi setiap hari, dan yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Dalam tiga kelompok ini, mereka diminta untuk melakukan kegiatan ini selama tiga tahun lamanya.

Diakhir masa penelitian, sekitar 10 persen dari kelompok yang mengkonsumsi minuman bersoda sebanyak dua porsi setiap hari mengalami kondisi disebut dengan proteinuria, dimana kondisi yang membuat kadar protein didalm urine sangat tinggi yang dapat meningkatkan terkenanya penyakit ginjal.

Namun, hal ini belum bisa diungkap secara pasti, namun para pakar kesehatan mengatakan bahwa kandungan fruktosa yang terdapat didalam minuman bersoda dapat memicu peradangan dan stres oksidatif yang pada akhirnya berimbas pada rusaknya ginjal.

Nah, bagaimana dengan minuman soda diet? Pakar kesehatan juga menjelaskan bahwa minuman bersoda jenis ini diklaim sebagai minuman soda biasa, namun pada dasarnya juga dapat menyebabkan efek buruk bagi ginjal.

Hal ini disebabkan oleh kandungan didalamnya yang masih bisa memicu kondisi proteinuria. Selain daripada itu, menurut penelitian ini dijelaskan juga bahwa mengkonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan datangnya hipertensi dan gangguan pada organ kardiovaskular.

Bahaya Minuman Bersoda


Selain itu, pakar kesehatan juga mengatakan bahwa didalam satu porsi minuman bersoda terdapat kandungan gula yang sudah melebihi batas aman dari yang seharusnya kita konsumsi.

Sebagai contoh, didalam 350 ml minuman bersoda, ini terdapat tujuh sendok teh gula, ini lebih banyak dari batasan maksimal yang hanya sekitar 4-5 sendok teh saja.

Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda juga dapat menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus tipe2, serangan jantung, stroke, dan kanker.

Tidak itu saja, Pakar Ahli Gigi juga mengatakan bahwa sebaiknya untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda khsusny disaat makan, supaya dapat mencegah kerusakan gigi yang disebabkan oleh gula.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment