Inilah Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Tertawa merupakan sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang menjadi lebih sehat. Adapun manfaat tertawa begitu banyak, antara lain dapat menstabilkan peredaran darah dan gula darah, merelaksasi pikiran, meredakan stres, dan dapat meningkatkan sistem imunitas.

Ada ungkapan yang sering di katakan seperti “ tertawalah sebelum tertawa itu dilarang,” meskipun ini hanyalah sebuah ungkapan yang menggelitik dari sebuah film, akan tetapi, tahukah anda bahwa ketika seseorang tertawa, maka dia akan mengalami perubahan fungsi tubuh yang ditandai merenggangnya otot-otot pada wajah dan tubuh secara bersamaan.

Denyut jangtung dan tekanan darah makin meningkat. Lalu, tarikan napas akan semakin cepat sehingga pasokan oksigen yang dikirimkan kedalam jaringan tubuh lebih banyak.

Inilah Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

Tertawa ternyata bukan hanya aktivitas yang meggembirakan, melainkan juga menyehatkan. Manfaat tertawa yang berkualitas ternyata cukup luas, yaitu memproteksi diri dari masalah emosional yang disebabkan oleh depresi dan stres jangka panjang.

Kesehatan jantung dipercaya akan selalu terjaga ketika seseorang sering tertawa. Para ahli meyakini bahwa tertawa memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, jantung, serta mental seseorang.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Fisik


Beberapa penelitian menunjukan, bahwa seseorang yang sering terbiasa tertawa akan memancarkan kesehatan secara umum. Tertawa, bahkan menjadi salah satu kebiasaan didalam terapi komplementer bagi pasian kanker.

Bagi Anda yang menginginkan sehata secara fisik berkat tertawa, maka Anda bisa menjalankan trik yang mudah ini, yaitu dengan menemukan suatu hiburan ringan dari lingkungan sekitar, baik dari gadget, majalah, teman, atau sekitar lingkungan Anda.

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Jantung


Seperti yang sudah dikatakan bahwa tertawa memiliki manfaat yang tak terhingga. Sebagian peneliti yang telah menemukan ketika seseorang yang tertawa akan meningkatkan produksi oksigen didalam peredarah darah. Diikuti dengan pelepasan endorfin yang memberntuk reaksi dalam yang menangkal stres dan pikiran-pikiran negatif.

Berbagai mamcam aktivitas lain yang bsia meningkatkan endrfin adalah berolahraga dan mendengarkan musik kesukaan yang pasti jangan lupa memasukan tertawa sebagai daftar penghilang stres Anda.

Manfaat Tertawa Bagi Ksehatan Mental


Ketika saat dihadapi dengan depresi, sewajarnya seseorang enggan untuk tertawa, meskipun begitu, bukan berarti selera humor seseorang itu akan hilang begitu saja. Memiliki selera humor dipercaya mampu membantu menetralkan segala bentuk negatif didalam kehidupan yang dapat mengakibatkan depresi.

Para peneliti menemukan bahwa seseorang yang menggunakan candaan atau hhumor dalam melawan stres, bisa membuatkanya lebih tidak merasa kesepian dan pikiranpun cendrung menjadi lebih positif.

Sebuah penelitian lain menemukan bahwa efektivitas terapi tawa dapat menyamai efek obat penenang bagi penderita sakit jiwa dan tanpa disertai efek samping obat.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment