Tujuan dan Manfaat Serta Efek Samping Pemberian Vaksin Bagi Tubuh

Manfaa vaksin adalah sebagai tindan pencegahan terhadap penyakit yang menular. Tidak hanya itu saja, manfaat vaksin juga dikenal sebagai tindakan pertahanan dan perlindungan terbaik terhadap infeksi dan berbagai penyakit serius.

Vaksin merupakan jenis produk bahan yang digunakan untuk dapat menghasilkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan berbagai jenis penyakit. Vaksin ini bisa berisi produk biologi dan bagian dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan.

Tujuan dan Manfaat Serta Efek Samping Pemberian Vaksin Bagi Tubuh

Hal tersebut berguna untuk meransang munculnya antibodi atau kekebalah tubuh. Vaksinasi bisa diberikan dalam bentuk suntikan, aerosol, dan oral.

Manfaat Pemberian Vaksin Bagi Tubuh


Adapun manfaa vaksin bagi tubuh yang bisa Anda ketahui adalah sebagai berikut :


  • Dapat Mencegah penyebaran penyakit
  • Melindungi dari risiko kematian dan cacat
  • Menghemat waktu dan biaya


Jenis-Jenis Vaksinasi yang Penting untuk Anak


Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan oleh orang tua dalam melindungi anakannya dari serangan penyakit seriur yang berpotensi membahayakan adalah dengan memberikan vaksin pada anak.

Pemberian vaksin atau imunisasi memberi perlindungan penyakit tertentu sesuai jenis vaksinnya. Adapun jenis dan cara kerjanya ialah seperti berikut :


  • Vaksin Hepatitis A, vaksin ini dapat mencegah terjadinya radang hati karena virus hepatitis A.
  • Vaksin Hepatitis B, vaksin ini dapat mencega virus Hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati serta dapat menyebabkan kanker hati.
  • Vaksin Volio, vaksin ini digunakan untuk dapat mencegah serangan dari virus polio yang dapat menyebabkan terjadinya kelumpuhan.
  • Vaksin BCG, vaksin ini dapat bekerja untuk mencegah tuberkulosis paru, kelenjer, tulang dan radang otak yang dapat menimbulkan kematian atau kecacatan.
  • Vaksin DPT, dapat mencegah penyakit Difteri, Tetanus, dan Pertusis.
  • Vaksin Campak, dapat bekerja untuk mencegah penyakit campak yang dapat mengakibatkan radang paru berat, otak, dan diare.
  • Vaksin Hib dan Pneumokokus ( PCV ), vaksin jenis ini dapat mencegah terjadinya infeksi saluran pernapasan berat dan radang otak.
  • Vaksin influenza, vaksin ini ialah jenis vaksin yang sering digunakan, yaitu guna untuk menangkal dan mencegah influenza berat.


Efek Samping Vaksin Bagi Tubuh


Pemberian vaksin kepada anak-anak dakan dapat menimbulakan ketidak nyamanan bagi mereka, hal ini berupa timbulnya rasa nyeri atau ruam pada bagian kulit diarea suntik.

Selain itu, ada juga rekasi pasca imunisasi berupa demam ringan sampai tinggi, kemerhan, bengkak, dan menjadi rewel.

Umumnya gejala tersebut akan hilang dalam 3-4 hari, namun ada juga yang berlangsung lebih lama.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan langkah-langkah sederhana seperti memberikan obat penurun panas setiap 4 jam sekali, selain itu kompres dengan air hangat, dan janga memberikan selimut, sering memberikan jus buah, Asi, atau susu.

Jika tidak membaik, atau makin bertambah parah, segerah hubungi dokter guna untuk penanganan selanjutnya.

Yang perlu diingat adalah, bahwasanya manfaat vaksin jauh lebih besar dan jauh lebih baik daripada efek samping yang mungkin terjadi, namun meski demikian, vaksinasi tidak selalu mencegah penyakit, akan tetapi vaksinasi dapat membuat tingkat keparahan suatu penyakit dapat menjadi lebih jauh lebih ringan..



Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment