7 Jenis Makanan Sehat Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Indonesia dikenal dengan iklim 2 musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Ketika musim hujan datang, air kerap kali mengguyur dari langit tanpa bisa diprediksi.

Musim yang seprti ini dapat membuat bakteripun menjadi lebih mudah untuk berkembang biak.

Untuk dapat melawan hal tersebut, diwajibkan bagi kita untuk istirahat yang cukup. Selain itu, kita juga harus menjaga pola makan yang sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh.

7 Jenis Makanan Sehat Ampuh Menjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Apa Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh?


Nah, untuk memilih jenis makanan yang ampuh menjaga daya tahan tubuh ketika musim hujan 
datang, berikut kami rangkum dibawah ini.

#1. Mengkonsumsi Yogurt


Kultur bakteri sehat yang terdapat didalam yogurt dapat meransang sistem kekebalan tubuh dalam melawan bakteri penyakit.

Bakteri lactobacillus reutri di dalam yogurt terbukti dapat menstimulai sel darah putih.

Terlebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi yogurt yang kaya dengan vitamin D, hal ini dapat membantu dalam melawan peningkatan risiko pilek dan flu.

#2. Mengkonsumsi Bawang merah dan bawang putih


Kedua jenis bumbu dapur ini terdpat kandungan senyawa antioksidan yang dapat menangkal sejumlah virus dan bakteri.

Mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih mampu mencegah infeksi sehingga menurunkan risiko terhadap beberapa jenis penyakit kanker.

Baca juga : Manfaat Bawng Putih Untuk Menyembuhkan Sakit Pinggang

Seperti yang kita ketahui, bahwa bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat mencegah berbagai penyakit.

#3. Mengkonsumsi Pepaya


Pepaya adalah buah yang mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Satu buah pepaya didapati mengandung 224 persen jumlah vitamin C.

Maka dari itu, pepaya sangat di sararnkan untuk dikonsumsi setiap hari. Selain itu, pepya juga mengandung enzim pencernaan papain yang punya efek antiinflamasi.

Baca juga :


Selain dari vitamin C, pepaya juga memiliki sejumlah kalium, Vitamin b, dan float yang cukup. Semuanya itu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

#4. Teh hiijau


Teh hijau sangat baik dan unggul, pasalnya teh hijau mengandung epigallocatechin gallate yang tinggi.

Ini merupakan salah satu kandungan antioksidan yang terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain daripada itu, teh hijau juga merupakan salah satu sumber asam amino L-theanine yang dapat membantu produksi senyawa antikuman dalam sel manusia.

Kandungan polifenol, flavonoid, dan katekin yang terdapat didalamnya juga terbukti mampu membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel.

#5. Mengkonsumsi Kerang


Mengkonsumsi kerang sangat direkomendasikan untu menjaga sistem kekebalan tubuh, karena kerang sesungguhnya kaya dengan seng yang sangat diperlukan untuk sel-sel tubuh.

Namun meski demikian, mengkonsumsi kerang sebabiknya tidak melebihi jumlah yang disarankan. Pasalnya jika terlalu banyak mengkonsumsi seng dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh.

#6. Mengkonsumsi Jahe


Jahe sangat baik dalam mencegah inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe juga dapat membantu menghancurkan racun yang ada pada organ dalam yang membuat tubuh rentan terhadap infeksi.

Baca juga : Manfaat Air Jahe Untuk Mengobati Rematik

#7. Mengkonsumsi Ubi Ungu


Jenis umbi-umbian seperti ubi ungu banyak mengandung antosianin yang tinggi. Maka dari itu, ubi ungu ini sangat baik dikonsumsi ketika sakit. Pasalnya umbi-umbian memiliki antiviral dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah itulah beberapa informasi mengenai makanan yang sehat untuk menjaga daya tahan tubuh ketika musim hujan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagai kita semua.

Ayo Dapatkan Artikel Terupdate Lainnya:

Post a Comment